Melawan Penindasan

Selamat Datang

Hidup Mahasiswa
Disini Negeri kami
tempat padi terhampar
samudranya kaya raya
tanah kami subur Tuhan
di negeri permai ini
berjuta rakyat bersimbah luka
anak kurus tak sekolah
pemuda desa tak kerja
mereka dirampas haknya
terbusung dan lapar
bunda relakan darah juang kami
tuk membebaskan rakyat
padamu kami mengabdi, berbakti

Senin, 18 Januari 2010

SEJARAH PERADABAN ISLAM

PENJAJAHAN BARAT ATAS DUNIA ISLAM DAN PERJUANGAN KEMERDEKAAN NEGARA-NEGARA ISLAM


A. Renaisans di Eropa
Pada awal kebangkitannya Eropa menghadapi tantangan yang sangat berat. Di hadapannya masih terdapat kekuatan-kekuatan perang Islam yang sulit dikalahkan, terutama kerajaan Utsmani yang berpusat di Turki. Tidak ada jalan lain, mereka harus menembus lautan yang sebelumnya hanya di pandang sebagai dinding yang membatasi gerak mereka. Melakukan berbagai penelitian tentang rahasia alam. Christoper Colombus menemukan Benua Amerika (1492 M) dan Vasco da Gama menemukan jalan Timur melalui Tanjung Harapan (1498 M) benua Amerika dan kepulauan Hindia segera jatuh ke bawah kekuasaan Eropa. Dua penemuan itu sungguh tak terkirakan nilainya, Eropa menjadi maju dalam dunia perdagangan, karena tidak tergantung jalur lama yang dikuasai Islam. L. Stoddard menggambarkan, dengan sekejap mata dinding laut itu berubah menjadi jalan raya, dan Eropa yang semula terpojok menjadi yang dipertuan di laut dan dan yang dipertuan di dunia.
Perekonomian bangsa-bangsa Eropa semakin maju.
Kemajuan Barat dipercepat oleh penemuan dan perkembangan dalam bidang ilmu pengetahuan. Penemuan mesin uap yang kemudian melahirkan revolusi industri. Teknologi perkapalan dan moliter berkembang dengan pesat . satu demi satu negeri Islam jatuh ke bawah kekuasaannya sebagai negeri jajahan, negeri-negeri Islam yang pertama jatuh ke bawah kekuasaan Eropa adsalah negeri-negeri yang jauh dari pusat kekuasaan kerajaan Utsmani.
Negeri-negeri Islam yang pertama dapat dikuasai Barat itu adalah negeri-negeri Islam di Asia Tenggara dan Anak Benua India. Sementara negeri-negeri Islam di Timur Tengah yang berada di bawah kekuasaan kerajaan Utsmani, baru diduduki Eropa pada masa berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar